Free Wink Cursors at www.totallyfreecursors.com

Selasa, 27 Desember 2016

Membuat Makalah



Tugas Bahasa Indonesia
Makalah “ Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja”












 












Kelompok            :  3
Nama anggota    :  1) Dyana Rofikoh Hidayat      (07)
                              2) Nadia Rosiana Sofani         (21)
                              3) Titis Diyat Fadhillah          (31)
                              4) Tris Herdian Prasetya Putri         (32)
Kelas                   :  VIII E

SMP NEGERI 1 AJIBARANG
TAHUN AJARAN 2015/2016
BAB I : PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
            Kenakalan remaja adalah semua perilaku pada diri remaja yang berlawanan dengan ketertiban umum. Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang baik dari norma hukum, norma dari adat istiadat atau norma agama yang dilakukan oleh remja. Dan perilaku kenakalan remaja dapat merugikan bagi diri remaja sendiri dan orang-orang disekitarnya.
            Masa remaja adalah masa untuk mencari pola hidup yang cocok dengan dirinya atau mencari identitas diri dengan cara mencoba melakukan sesuatu walaupun melalui banyak kesalahan dan kesalahan itu dapat menimbulkan perasaan yang tidak menyenangkan di lingkungan tempat tinggalnya.
            Pada massa sekarang kenakalan remaja semakin meningkat karena pergaulan yang salah. Selain pergaulan yang salah, perkembangan teknologi juga mempengaruhi kenakalan remaja.

B. PERUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana upaya agar kenakalan remaja tidak semakin menjadi-jadi?
2.      Bagaimana solusi untuk mengatasi kenakalan remaja?
3.      Bagaimana gejala-gejala yang muncul pada remaja yang terlibat kenakalan?
4.      Bagaimana dampak dari kenakalan remaja?

BAB II : PEMBAHASAN

    1.      Upaya agar kenakalan remaja tidak semakin menjadi-jadi adalah:

1)        Menanamkan nilai-nilai agama kepada anak untuk menguatkan imannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Orang tua hendaknya menanamkan nilai-nilai agama seperti kawajiban beribadah kepada Tuhan sesuai agama yang dianut untuk memperkuat iman agar kenakalan yang dilakukannya tidak bertambah parah.
2)        Menanamkan kesadaran kepada anak terhadap hal yang dilakukannya itu salah.
       Orang tua anak harus menanamkan kesadaran bahwa hal yang dilakukan anak selama ini adalah salah. Salah satu caranya yaitu para orang tua menasehati dan member itahu apa dampak yang terjadi akibat perbuatan anak tersebut.
3)        Memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap anak.
       Para orang tua harus memberikan kasih saying yang cukup agar anak tidak merasa kurang perhatian sehingga anak terjerumus pada pergaulan yang salah.
4)        Berusaha mengerti tentang pribadi dan apa yang minatnya.
         Para orang tua harus mengerti tentang pribadi dan minat anaknya sehingga orang tua dapat member arahan terhadap anaknya sehiungga anak tidak melakukan hal-hal yang salah.

    2.      Solusi untuk mengatasi kenakalan remaja :
1)        Mengetahui kesulitan-kesulitan yang secara umum dialami oleh para remaja.
         Para orang tua harus mengetahui kesulitan-kesulitan manakah yang biasanya menjadi sebab timbulnya penyaluran dalam bentuk kenakalan.
2)        Usaha pembinaan remaja
         Salah satu contoh usaha pembinaan remaja yaitu dengan cara membentuk pribadi anak dengan mental yang sehat dan kuat. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan kepramukaan.
3)        Di rumah, remaja harus mantaati peraturan yang berlaku.
       Remaja harus mentaati semua peraturan yang berlaku di rumah. Jika remaja melanggar peraturan tersebut, maka remaja harus dikenakan sanksi sesuai dengan umurnya.

     3.      Gejala-gejala yang muncul pada remaja yang terlibat kenakalan :
1)        Tidak disukai oleh teman-temannya.
       Akibat dari kenakalan yang dilakukan oleh remaja tersebut, temen-temannya akanmanjauhinya karena teman remaja tersebut tudak menyukai dan merasa terganggu oleh kenakalan yang dilakukan remaja tersebut.
2)        Sering menghindar dari tanggung jawabnya.
       Salah satu contohnya yaitu remaja tidak melaksanakan piket kelas, tidak mengikuti upacara dan tidak mengerjakan PR.
3)        Suka berbohong.
       Berbohong adalah salah satu kenakalan remaja. Dia bisa berbohong kepada siapa saja tidak terkecuali terhadap kedua orang tuanya dan gurunya.
4)        Suka menyakiti /mengganggu teman-temannya.
       Menyakiti atau mengganggu temannya sendiri juga salah satu contoh kenakalan remaja. Contohnya yaitu memukuli temannya tanpa alasan yang jelas.

    4.      Dampak dari kenakalan remaja :
1)        Bagi diri remaja itu sendiri.
       Kenakalan yang dilakukan yang dampaknya bagi fisik yaitu seringnya terserang berbagai penyakit karena karena gaya hidup yang tidak teratur. Sedangkan dalam segi mental maka pelaku kenakalan remaja tersebut akan mengantarnya kepada memtal-mental yang lembek, berfikirnya tidak stabil dan keperibadiannya akan terus menyimpang dari segi moral dan endingnya akan menyalahi aturan etika.
2)        Bagi keluarga
       Para orang tuanya apabila anaknya berkelakuan menyimpang dari norma-norma akan berakibat terjadi ketidak harmonisan didalam kekuarga, komunikasi antara orang tua dan anak akan terputus. Dan menyebabkan keluarga merasa malu serta kecewa atas apa yang telah dilakukan oleh remaja.
3)        Bagi lingkungan masyarakat
       Apabila remaja sekali saja berbuat kesalahan, dampaknya akan buruk bagi dirinya, dan keluarga. Sehingga masyarakat menganggap remajalah yang sering membuat keonaran, mabuk-mabukkan ataupun mengganggu ketentraman masyarakat mereka dianggap remaja yang memiliki moral rusak. Dan pandangan masyarakat tentang sikap remaja tersebut akan jelek Dan untuk merubah semuanya menjadi normal kembali membutuhkan waktu yang lama dan hati yang penuh keikhlasan.

BAB III PENUTUP
    A.  SIMPULAN
Kenakalan remaja adalah semua perilaku yang ada pada dalam diri remaja yang berlawana dari ketertiban umum dan semua norma-norma yang berlaku. Remaja yang berbuat kenakalan dapat diketahui dengan melihat tingkah lakunya, contohnya yaitu menyakiti temannya sendiri.
Upaya untuk mengatasi kenakalan remaja adalah tugas utama para orang tua remaja, salah satunya denganmemberikan perhatian dan kasih saying yang cukup kepada anaknya agar anaknya tidak bergaul sembarangan dengan orang-orang yang melakukan kenakalan.
Kenakalan remaja juga mengakibatkan dampak kepada dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakatnya. Salahsatunya yaitu jika kita berkelahi dengan teman dan terkena pukulan dari teman, tubuh akanlebam dan terasa sakit. Orang tua juga akan malu jika anaknya melakukan tindakan yang melanggar dari semua norma-norma yang berlaku.

   B.   SARAN
1)        Bagi para remaja
Remaja harus dapat menempatkan dirinya sebagai remaja yang baik dan benar sesuai dengan tuntutan dan norma yang berlaku di masyarakat.
2)        Bagi orangtua remaja
Disarankan kepada orang tua untuk dapat menjaga hubunganbaik dalam keluarga dengan cara saling menghargai,pengertian, dan penuh kasih sayang dan tidak bertengkar didepan anak. Memberi pengarahan yang tentang cara bergaul. Dan orang tua hendaknya bisa menjadi teman, agar anak dapat terbuka.
3)        Bagi pihak sekolah
Pihak sekolah disarankan meningkatkan pembinaan moral terhadap remaja melalui pembinaan tentang dampak kenakalan remaja pada diri remaja itu sendiri.
4)      Bagi masyarakat remaja
Bagi masyarakat hendaknya ikut berpartisipasi dalam pencegahan kenakalan remaja. Misalnya apabila melihat hal-hal yang tidak wajar yang dilakukan oleh para remaja segera ditegur atau dilaporkan kepada penegak hukun setempat.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Girls' Room Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang